Masyarakat Skoliosis Indonesia

Alhamdulillah telah terbentuk ‘Masyarakat Skoliosis Indonesia (MSI)’ secara konsep. Kenapa secara konsep, karena fisiknya saat ini masih membutuhkan daya usaha untuk mendirikannya. Oleh karena itu, buat semua pembaca yang berminat untuk bergabung dengan kita untuk mendirikan wadah ini sangat diharapkan bantuannya. Baik itu bantuan materi maupun non-materi. Wadah ini nantinya akan berupa wadah social yang menyediakan informasi yang benar dan jelas mengenai skolisosis, menggalang dana untuk membantu para penderita skoliosis yang mengalami kesulitan ekonomi, biro konsultasi , juga berencana mengadakan acara seminar dan fun day untuk menyebarluaskan informasi tentang penderita skoliosis dan acara silaturahmi untuk mempererat rasa kekeluargaaan anggota MSI.

Selain itu, dengan wadah ini diharapkan masyarakat dapat concern juga terhadap masalah skoliosis, bayangkan di departemen kesehatan aja belum ada yang concern tentang skoliosis. Oleh karena itu, ayoooo…..semua….baik itu penderita, orang tua&keluarga, dokter&tim dari kesehatan, dan masyarakat yang concern terhadap skoliosis mari kita bersama mendirikan wadah ini, dari kita dan untuk bersama. Dalam upaya untuk mendirikan wadah ini, kami para perintis sangat membutuhkan dukungan dari semua. Hal pertama bagi siapa yang ingin mendukung gerakan ini, dapat register di http://skoliosisindonesia.freeforums.org. Dan saat mendaftar diharapkan dapat mengisi data selengkap-lengkapnya, yaitu alamat, no telepon, email. Serta mengirim informasi dengan judul Database Penderita Skoliosis Indonesia dengan isi :

Nama : …

Umur : …

Derajat Kemiringan : …

Pertama kali mengetahui terkena skoliosis :

Keluhan terhadap skolisosis :

Status Kesehatan (sudah operasi/belum/ikut pengobatan lainnya):

ke ratih.amelia@gmail.com, dan jika ada foto rontgen terakhir sebagai attachment. Hal ini dimaksudkan untuk menghimpun informasi mengenai jumlah penderita skolisosis dan follow up selanjutnya. Informasi ini nantinya akan dijadikan sebagai dasar untuk membuktian kepada pemerintah bahwa kita, sebagai penderita skoliosis juga perlu mendapat perhatian, dan SKOLIOSIS BUKAN AIB, GA PERLU MALU, TAKUT,… DAN SKOLIOSIS BISA DISEMBUHKAN.

sumber:  Ratih’s Blog

About these ads

143 Komentar

  1. curhatanku said,

    Maret 31, 2008 at 10:51 am

    wawww…
    ada disini postingannya
    ayoo..ayoo..pada gabung

    @curhatanku: hehe, udah aku sebutin sumbernya loh…jadi gak asal “CP”

  2. mya said,

    April 18, 2008 at 12:02 pm

    penegn tw lebih banyak deh tentang skoilosis..truz klo terapi..kira2 terapi ap ya??mya jg dbilang am dkternya kya gtu sih..tpi blom tw derajat kemiringannya..ksih infonya ke email mya yupz..

    @mya: aku udah kirim emailnya tuh..

  3. Juni 21, 2008 at 7:16 pm

    Pengobatan yang paling efektif untuk skoliosis adalah dengan Chiropractic. Pengobatan ini aman dan alami karena tidak ada efek samping dan menggunakan metode badan kita sendiri yang menyembuhkan diri kita sendiri. TANPA OBAT – TANPA OPERASI.

    Diskon 60% untuk 3 pertemuan pertama berlaku untuk 60 pasien pertama berlaku sampai dengan akhir Juli 2008.

    Info lengkap hubungi Canadian Chiropractic, Mall Paris Van Java Lg 01 Sukajadi Bandung telp:(022) 82063641

    • Iin Anggraini (Samarinda) said,

      Mei 15, 2013 at 2:35 pm

      Assalamualaiku wr.wb..
      maaf sebelumnya mau menanyakan kalo praktek pengobatan jenis Chiropractic ini selain di bandung ada di mana saja? kalo di Kalimantan timur ada nggak ya? dan di mana?

      mohon informasinya ya..

  4. orthopaedi said,

    Agustus 10, 2008 at 7:14 am

    webnya udah ganti dengan http://www.msindonesia.org

  5. heru said,

    Oktober 17, 2008 at 9:30 am

    Kami adalah orang tua penderita skoliosis umur 12th derajatnya belum tahu. Jujur kami tidak ingin anak kami dioperasi disamping mahal tingkat keberhasilannya masih ragu. Jadi kami mohon informasi teraphy yang paling tepat dilakukan di rumah bagaimana? mungkin kami bisa dibantu tempat terapi di Jawa Timur Surabaya/Malang dimana? Kami tinggal di blitar.
    Tolong di email saja ya..

    @heru: Saya sudah kirim email

    • dina said,

      Juni 3, 2011 at 1:25 am

      sudah ditangani belum skoliosisnya ? Di Klaten tepatnya di RS Suradji Tirtonegoro (Rs. Tegalyoso) ada dokter spesialis Ortopaedi yang ahli dalam menangani tulang belakang dan skoliosis , Dokter Romaniyanto namanya . Anak saya dina juga mengalami skoliosis dengan derajat kemiringan 55 derajat di usia 15 tahun dan telah dioperasi tanggal 10 Mei 2011 dan alhamdulillah sukses

      • esti said,

        Juli 13, 2014 at 4:17 pm

        bu dina … maaf saya seorang ibu. usia anak saya 11 tahun. boleh minta no telp?

  6. November 11, 2008 at 11:17 am

    Life must go On!!!! perkenalkan nama saya Sholeh setiyawan, kuliah di bidang ORTOTIK PROSTETIK merancang, membuat, dan memberikan alat bantu gerak tubuh dan alat koreksi kelainan pada tubuh dan anggota gerak, dengan basic ilmu anatomy, bimekanik, teknik dan fisiologi. syukur alhamdulillah sudah terbentuk MSI, saya selaku teknisi profesional bidang kesehatan merasa sangat terbantu dengan adanya MSI. sesuai dengan ilmu yang saya pelajari, skoliosis dengan derajat cobb kurang dari 50 drajat bisa ditangani denag alat Brace (Orthose) yang paling baru adalah alat MSO (Munster Skoliosis Orthose), Milwaukee Brace, dan Boston Brace. saya selaku ahli Ortotis Prostetis insyaAlloh mampu membuat alat itu, karena saya telah mempelajarinya. Maka dari itu penanagan Skoliosis di vawah 50 derajat tidak harus di operasi, melainkan dikoreksi. sekian dulu kunjungi blog saya http://www.osteosupport.blogspot.com

  7. aziza said,

    November 12, 2008 at 2:04 pm

    assalamualaikum
    aq jg seorang penderita skoliosis. awalnya aq sempat putus asa tapi setelah aq pikir2 aq harus survive dan akhirnya aq punya semangat hidup lg.
    setelah berbagai pengobatan tapi hasilnya belum ada perkembangannya tapi setelah aq cari di internet aklhirnya aq dapat jg. makasih ya infonya semoga aq cpt sembuh. saling mendo’akan aja….ya…^_^

  8. trie said,

    November 28, 2008 at 10:43 am

    all skolioser…

    yuks gabung di Masyarakat Skoliosis Indonesia (MSI)
    suatu organisasi yang berperan sebagai pusat informasi skoliosis yang benar dan sebagai wadah pemersatu bagi penderita & pemerhati skoliosis di Indonesia.
    saat ini MSI diketuai oleh dr. Luthfi Gatam, SpOT, K.Spine dan berkantor pusat di SMF Orthopaedi RSUP Fatmawati Jakarta Selatan
    MSI juga telah menggelar launching tgl 9 november 2008 di area joging track, gelora bung karno Senayan, Jakarta, alhamdulillah berjalan sukses & sempat diliput oleh TPI, harian republika dsbnya

    dengan bergabung di MSI, perjuangan kita untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup penderita skoliosis di Indonesia insya Allah dapat kita raih, mungkin sulit, tapi dengan bersatu pasti kita bisa. karena kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli?

    untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi web MSI di http://www.msindonesia.org/forum, atau hubungi sekretariat MSI di 021-32971459 (dengan bunda Eka) atau 021-68758797 (dengan mama Trie)

    buat Mita sayang,
    walau baru kali ini menyapa, tapi aku ‘mengenalmu’ sejak lama.
    sejak operasi skoliosis & spasmolia-mu..
    seperti mama Mita, aku juga seorang ibu
    yang harus menerima kenyataan
    bahwa putrinya tersayang
    diberi ‘kepercayaan’ oleh Allah menjadi penyandang skoliosis
    bahwa kami sebagai orang tua,
    dititipi amanah oleh Allah dengan anak yang ‘istimewa’ ini
    jangan berkecil hati, sayang..
    walau skoliosis ini bukan penyakit, sehingga tidak ada obatnya
    tapi kita bisa ‘bersahabat’ dengan dia,
    bisa tetap menjadi manusia yang berkualitas & memberi guna
    yakinlah segala sesuatu ada hikmahnya
    & Allah tidak akan memberi ‘cobaan’ di luar batas kemampuan kita

    tetap berjuang & semangat ya Mit,
    aktif lagi di MSI & bantu teman2 yg lain mendapatkan informasi yang benar mengenai skoliosis.
    doaku untukmu & semua skolioser di Indonesia.

    salam sayang selalu,

    -Trie-

    @Trie: makasih tan,,mita yakin kok, skoliosis adalah anugerah dari Allah, jadi pasti ada tempat di mana aku bisa merajut kebahagiaan meskipun aku punya skoliosis…

  9. Nindi said,

    Desember 17, 2008 at 5:48 pm

    Kendala kalo hamil gmana?

  10. febY said,

    Januari 3, 2009 at 12:00 pm

    Ass.wr.wb…hai semua!blh nanya gx? aq udah pake milwaukee brace 7bulan yg lalu(umur13). kata dokter harus pake sampe pertumbuhan tlang selesai(17thn).Alhamdulilah,pas 3bln make dan dicek ke dokter.dah berkurang 5drjt atas bwh.Kata dokternya sih itu bagus banget,dan insya Allah bisa selesai make kurang dari umur 17.Apa bener ya bisa? kalau emang bener bisa,i`m so happy coz i hate this brace so much! Trus…ada alternatif lain gx sih.Oya skrg drjt bengkoknya:yg atas 25,yg bawah 35.
    thanks for ur information!!!

  11. Elisa said,

    Januari 9, 2009 at 10:16 am

    Aq dlu dah oprasi dsby,.Drajatx dr 60 brkrg ke 15..Skrg dah 2 thn pasca oprasi,tpi kykx mule brtmbh lgi drajadx.Tlg ksh taw tmpt terapi skitar jatim n jateng yg efektif dunk!

    • puzi said,

      Januari 16, 2010 at 8:56 pm

      u bnr2 bruntunk ya,
      u bs oprasi n skrang dh mndingan gk sparah dlu lgi///
      snengnya cba aku kya gtu kpan ya,,,
      pasti aku sneng bngt dan gk sh mnder sm yang lainnya///
      wktu itu si ku smpet mau oprasi tpi gk jdi cz dokternya blang klo oprasinya gagal akibatnya bsa lumpuh total nah pas aku dan keluarga ku dnger smuanya yang tdinya stuju jdi gk stuju///
      cz tkutnya gagal ///
      jdi dri pda kya gtu mndingan terima apa adanya ajah dweh dri pda tmbah parah/////
      cba aku kya kaka bsa oprasi trus brasil psti sneng bngat dweh///
      kpn ya??????????????????/

    • nita said,

      Maret 30, 2010 at 1:32 pm

      mbak elisa, mau tanya dulu operasi di sby menghabiskan biaya berapa dan di RS mana ya..
      drajat skoliosis saya atas 45 bawah 50..
      tq

    • ratih said,

      Maret 3, 2011 at 12:44 pm

      hi scolioser, ga perlu minder, kan ada kita-kita yang punya nasib sama hehe…
      saya usia 30 (tahun 2010), mungkin dalam beberapa bulan akan operasi scoliosis di bintaro, jakarta. Derajat kemiringan 78, dulu pas usia 21 ‘cuma’ 45 derajat. Untung ga terasa sesak napas ( ga ganggu paru2), but emang hrs dioperasi biar kedepannya ga tambah parah. doain ya !

      @ratih: hi,,,wah,,,salut untuk keputusannya bersedia di op,,,semoga lancar dan bisa berbagi cerita lagi k yang lain yaaa….:)
      btw,,,aku kirim imel tuh…siapa tau bisa share lebih jauh masalah pengalaman operasi…:)

    • bayu anggara said,

      Maret 18, 2011 at 3:20 pm

      mbak, mohon infonya , dulu operasi skolio dimana ? usia brp ? biayanya berapa ?

      @Bayu: hai Bayu, aku dl operasi skoli di Jakarta, oleh dr LG, waktu umur 18an kalo nggak salah…
      ttg biaya, aku pake asuransi,,,jadi lumayanlah,,,hehe

      • ratih said,

        Mei 2, 2011 at 12:14 pm

        skrg umur berapa? masih pake brace buat penyangga setelah operasi ? katanya sih baca-baca dinternet amannya dua tahun baru bisa dilepas ya?

  12. eni noor achwan said,

    Februari 12, 2009 at 9:41 am

    saya seorang ibu 36th, juga skolioser, ketahuan sejak SMA. dulu saya tidak tahu bagaimana penanganan skoliosis, walau dulu saya kuliah di akademi penata rontgen, dan pernah juga bekerja di sebuah rumah sakit sebagai radiografer. anak saya 5 orang. Bahkan saya barusan melahirkan . Untuk skolioser, tidak ada masalah dalam hal kehamilan dan melahirkan. Sekarang derajat skoliosis saya 80 derajat.

    • Una Zach said,

      Desember 17, 2009 at 12:16 pm

      Hi mba’ Eni, saya Una, umur 30 thn. Saya juga skoliosis, saat ini saya sedang mnjalani treatment chiropractic dan syukur hasilnya luar biasa. Dlm 7 bln derajat ku berkurang 7 derajat, dari 147 ke 140, itu terakhir saya X-ray bulan Juni 09′ lalu. Sekarang saya blm X-ray lg. Saya juga ada plan untuk hamil, tp obgin yg wkt itu saya temui sangat kurang kooperatif. Terus terang saya kurang sreg dg dokter2 kita yg kurang kooperatif sangat berbeda dgn dokter asing, seperti dokter chiroprator yg saat ini menangani saya, dia luar biasa kooperatif. Kalau boleh, saya minta rekomendasi mba’ Eni utk dokter yg mau mendampingi mba’ Eni mnjalani kehamilan, sampai 5 org anak lagi. Terimakasih infonya.

      • Evi said,

        Desember 30, 2009 at 3:19 pm

        Dear Mba Una,

        Kalau boleh tahu mbak Una berobat ke Chiropractor siapa … Saya sebetulnya sedang mencari testimoni dari penderita scoliosis yang berhasil mengkoreksi derajatnya dgn treatment chiropractor.

        Terima kasih ya …

        Salam,
        Evi

      • yunita said,

        Mei 24, 2013 at 10:34 pm

        @una zach: mba una mo nanya, terapi chiropracticnya dmn y?

    • Iin Anggraini (Samarinda) said,

      Mei 15, 2013 at 2:39 pm

      Assalamualaikum ibu…
      saya salut dengan ibu, tetap semangat juga…

      derajat skoliosis saya juga tampaknya sudah parah bu.. tp sya mmg blm periksa lagi yg terakhir berapa derajat kemiringannya. bolehkah saya sharing dengan ibu dan minta nomor kontak ibu?

      wassalam

  13. erlina santi said,

    Maret 15, 2009 at 10:30 am

    begitu tahu anak saya (12thn) skoliosis sedih banget, coba ke fatmawati, disarankan operas, biayanya mahal banget, akhirnya didiamkan walaupun hati gak pernah tenang, sekarang anak saya sudah 20 tahun. masih bisa gak ya di obati. saya mau gabung di msi.

  14. nunung nursasih said,

    September 2, 2009 at 1:52 pm

    saya penderita skoliosis lbh dari 35 0,walaupun saya mengrtahuinya sejak usia 20 thn ,saya menganggap remeh krn dulu saya kurus sekali ,sehingga tak terlihat dan tak ada keluhan namun dg seiringnya waktu…..sangat banyak keluhan tsb…dan semakin terlihat ….namun pembiayaan operasi di indonesia sangat mahal…bulan kemarin ada tim dr amerika yang datang ke jakarta kesebuah rs swasta di jakarta namanya dr brian …beliau ahli bedah tulang belakang di amerik beliau dapat mereposisi hanya dalam waktu 45 menit dan pasien langsung bisa pulang….namun saya yakin biayanya sangat…sangat mahal…..

  15. amamooth said,

    November 4, 2009 at 4:05 pm

    TT
    @sholeh : aq skoliosis atas 30 bwah 60 . jd gmn ni ?? kl operasi g memungkinkan . cz terapi aj ni stop gr2 mslah biaya . help me !
    bwt semua terus semangat yup !!!

  16. ernayanti said,

    Desember 10, 2009 at 2:34 pm

    Hai semua….
    adik saya mengalami scoliosis udah sekitar 4 thn ini kami tau…thun 97 bapak saya bawa dia ke dokter ortopedi di sini dan katanya harus operasi…tapi biayanya luar biasa…saat itu dokter bilang sekitar 50juta. karena ga ada biaya ortu saya ga tau hrs gmn……sampai kemaren ini saya bw dia ke dokter ortopedi…yg lain lg…dan ktnya ini sudah hrs di operasi….klo dulu mungkin msh bisa pake baju besi…tp sekarang dah susah….

    karena saya di Aceh….mungkin teman2 ada yg py perbandingan biaya antara operasi di jakarta ato di Penang- malaysia, kira2 mana yg lebih bagus dan lebih murah…..
    terus….kira2 perlu berapa kali operasi biar normal lg

    salam,
    erna

    dear erna,,, aku udah kirim imel tu,,,mungkin kita share via imel aja yaa…^^

  17. Una Zach said,

    Desember 17, 2009 at 11:50 am

    Hi.. saya una, mengalami skoliosis sejak umur 9 thn. Saya ga prnah berani utk dioperasi sampai bln Okt 08′ saya mncoba treatment chiropractic. Saat itu skoliosis saya sudah mncapai 147 derajat. Diluar dugaan, stlh intensif 7 bln treatment, derajat nya berkurang 7 derajat. Bulan Juni 09′ terakhir kali saya X-ray, treatment terus dilakukan smp sekarang. Mdh2n saja koreksinya terus berjalan. Satu hal yg mengagetkan, usia saya 29 thn. Jadi, utk siapa saja, silahkan coba chiropractic, if it works on me, it may works on you as well.. Just be sure and keep on saying good things for your self!!

    • amien said,

      Juli 9, 2012 at 7:37 pm

      salam kenal , anak sy terkena scoliosis mau terapi dimana spy bs mengurangin derajat kemiringannya,sblmnya sy ucapkan terimakasih

      @amien: salam kenal. ada baiknya di bawa ke orthopaedi yg konsultaan spine, biar bisa diketahui kondisi skoliosisnya gmn, jadi bisa diberikan penanganan yg tepat pula..:)

  18. rika said,

    Januari 9, 2010 at 8:22 am

    Mba Una,
    Klu boleh tahu untuk chiropractic itu dimana’ya bisa kita lakukan, bisa referensinya, kbetulan aku baru intense dengan skoliosis ini diumur’ku 26 tahun, entah kan aku kena kelainan ini, tapi aku nda mau ambil pusing, kemarin aku baru check di RS PI, dan derajat’ku 30.tapi aku kadang juga merasa takut, yang bilang nda bisa hamil or nanti bebahaya klu aku hamil atau apa’lah, ya walaupun aaku belum menikah..Please, your information….

  19. nita said,

    Maret 30, 2010 at 1:45 pm

    mau tanya apakah dengan chiropractic bisa memperkecil atau mengurangi derajat kelengkungan?bedanya chiropractic dengan fisioterapi apa ya?
    umurku sekarang 25th dgn derajat kelengkungan atas 45, bawah 50..
    apakah masih bisa diperbaiki tanpa operasi..karena biaya operasi sangat mahal.
    tlg dibalas ya..tq

    @Nita: aku blm pernah chiro, setauku kalo sudah di atas 40, ada baiknya segera dilakukan koreksi,,,coba konsul ke dokter spine…^^

  20. anisa said,

    April 5, 2010 at 3:35 pm

    sebel……sebel……….sebel

  21. febry sitorus said,

    April 25, 2010 at 9:02 pm

    aq d sumatra ga tau info terapi apa yang ada disini. mohon infonya

    @Febry: sumatranya di mana ya? bisa lebih jelas? nanti aku coba bantu tanyain ke temen2 skolioser di sana…:)

  22. seliana said,

    Mei 1, 2010 at 12:32 pm

    saya juga penderita skoliosis, saya baru disuruh pake MSO beberapa hari yang lalu..
    sebenernya saya udah ktauan skoliosis waktu awal SMA .
    saat ini saya udah berumur 16taunn.
    kira2 telat ga yaahh..
    pengen sembuhh

    @Seliana: nggak ada kata terlambat…semua tergantung dari kmauan kita kok…kalo derajatnya belum terlalu parah, insya Allah masih bisa….:)

  23. Theresia Trishna said,

    Mei 30, 2010 at 9:01 pm

    ehm sejujurnya aku agak sedikit bingung…maunya penyakit ini ga mw dipikirin…tp ngeliat badan jd ga nyaman n badan jd gampang sakit nyeri …ehm kl mnrt kalian gmn tentang yoga or pilates untuk kelainan ini??

    @Theresia: kalo pilates belum pernah,,,kalo yoga kabarnya bagus juga, karna bisa membantu melatih pernapasan,,,mungkin ada yang lain yang lebih tau???

  24. Yulia said,

    Mei 31, 2010 at 2:15 pm

    Aku dah tau kena skoliosis dari SMA kelas 1. Awalnya c gak sadar klo tulang belakang bengkok. Tapi kok ya akhir-akhirnya keliatan juga ada yang nonjol disebelah kanan.
    Ama dokter disuruh operasi, tapi ortu gak tega. AKhirnya disuruh terapi berenang aja.
    Btw skrg kan umurku dah 23 jalan 24, kira-kira ikut terapi itu masih bisa nyembuhin gak???

    @Yulia: berenang bagus banget tu,,,tapi bukan untuk menyembuhkan, hanya membantu agar derajatnya tidak bertambah lebih parah…sudah brapa derajat? kok di suru op??

  25. fitria said,

    Mei 31, 2010 at 8:16 pm

    aq tinggal disolo,kira2 disolo ada tempat terapi bwt skoliosis?ato yg paling deket dr solo dmn?ksh tau alamatnya y..thx u..

    • anisa said,

      Juni 7, 2010 at 12:38 pm

      @fitria
      kamu solonya mana?
      aku dulu periksanya di dokter tunjung dan ikut terapinya di RS orthopedi
      coba aja kesana
      klu ku skrg ga pernah periksa lagi

      • nita said,

        Juni 23, 2010 at 10:00 am

        @fitria: aku org smg, brusan operasi skoliosis di RS Ortopedi..masih menjalani terapi..waktu itu skoliosisku 60drjt. Menurutku operasi apapun beresiko..ya percaya saja dgn tangan dokter..karena operasi spt in memang major surgery tapi success ratenya tinggi. Coba aja ke RS Ortopedi dr. Soeharso Solo ketemu sama prof.Respati. Kmrn aku sama prof juga dioperasinya.

        @Nita: yup, setuju banget, apapun pasti ada resikonya, tapi dengan dokter yang tepat dan dengan teknologi yang sudah semakin canggih,,,tingkat keberhasilannya tinggi kok…:)
        makasiy nita buat share nya…:)

      • ratih said,

        Maret 3, 2011 at 1:04 pm

        sepertinya solo belum ada operasi khusus scoliosis, dulu pernah saya coba di salah satu rs swasta di solo, yah cuman disuruh renang2, fisioterapi itu aja.

        kalo operasi khusus scoliosis denger2 ada di Surabaya, dan Jakarta.
        beberapa bulan mendatang kemungkinan saya akan operasi.
        dan i promise i will give you all the information (sharing) tentang operasi, post operasi dll… semoga bisa membantu.

        derajat saya dulu 45, sekarang jadi 78 derajat….

        @ratih: sekedar info, saat ini sudah banyak kok yang bisa operasi skoli,,,asalkan ada dokter spine,,,,untuk di jateng, ada dokter spine di klaten dan purwokerto (RS Orthopaedi Purwokerto). ratih dari jateng juga kah?

  26. gemelly said,

    Juni 20, 2010 at 5:59 pm

    aq tgal d sumatra slatan kota plmbg,aq jg pnya skoliosis .
    Aq twny sjak aq sd (11th), tp smpe akhir.ny ga ad msalah,awal smp kls 1 tiba” tonjolan d punggung sblh knan lgsung membesar aq spet down bgt :( wkt d priksa k dokter + d X-ray trnyata drajatny sdh lgsung 60 drjat .
    Dn d hruskn oprasi tp krna resikony trlalu bsar presentase ksembuhan cma 50% dn jg pasca oprsi hrus betrest smpe 3bln & klau gagal bisa lumpuh total,jd aq ga oprsi .
    ya skrg aq 19th aq jg ga tau skrg kyakny skoliosis aq ud brambah dri hsil x-ray yg awal .
    Dn skrg aq jg sdh susah nafas,punggung dn panggul jg sering nyeri :(
    Bgi smuany yg tw tlg ksi tw tpat terapi skoliosis yg ad d kota palembang .
    Makasi .
    Pasti ad hikmanya aq yakin kita pasti bisa :)

    @gemelly: dear gemelly, kayaknya ada yang perlu diluruskan deh..:)
    sebelum op, kita memang harus tau, sebenarnya apa tujuan op skoli. op skoli bukan untuk membuat kita jadi sembuh seperti orang normal, tapi untuk membuat derajat kelengkungan menjadi tidak semakin parah, dan ini dilakukan untuk menghindari hal2 yang makin buruk terjadi… emang si, resikonya besar, bisa lumpuh, tapi dengan teknologi yang saat ini sudah canggih, semua itu bisa sangat diminimalkan, jadi kayaknya nggak deh kalo tingkat keberhasilan cuma 50%…:)
    dan pasca op, tidak harus bed rest 3 bulan kok…aku aja seminggu uda bisa jalan…sebulan uda bisa aktifitas…
    kalo boleh kasi saran, coba deh, share sama temen2 yang sudah op, atau cari dokter yang memang bisa memberikan informasi dengan tepat. atau bisa juga gabung di forum MSI atau MSI di facebook…:)
    tentang tempat di palembang, mungkin ada temen2 dari palembang yang bisa ngasi saran???

    • ratih said,

      Maret 3, 2011 at 1:12 pm

      saya sudah tanya ke dokter saya, dia bilang ada alat yang namanya ‘neuropathy’ apaan gitu… jadi kalo operasi, alatnya itu deteksi biar tidak ‘memotong’ syaraf dan menghindari lumpuh. katanya tingkat keberhasilannya 95 %

      So no worries.. jaman sekarang udah canggih.

      @Ratih: dr LG ya? hehe,,,alat itu memang dipake untuk yang derajatnya sudah besar,,,jadi nggak perlu khawatir kok…^_^

      • April 21, 2013 at 2:51 pm

        Mba dr LG itu dokter dimana ya mba? Skoliosis ku terahir cek 55derajat mgkn skrg sudah bertambah. Ak mau ikut terapi tp kayanya susah sdgkn mau oprasi aku tkut lumpuh. Dokter saya dulu DR LUtfi gatham dr Rs bintaro. Tp sy dgr beliau smpt ditunyut krn kasus malparktik di rs fatmawati. Mohon infonya ya

      • Bu darma said,

        Desember 3, 2014 at 12:35 pm

        Mohon info alamat dr LG ya???

    • fitra anisa said,

      Januari 5, 2013 at 1:52 pm

      haiiii.. gw udah 9n tahun yg lalu po scoli… gak ap2 kok… justrus dgn op rasi makin lebih percaya diri aja… aq punta tmn org palembang scoli juga tmn sekamar dlu waktu oprasi. namaya teti// skrg dia udah merid n tinggal d bandung ikut suaminya.. buat yg op scoli semngat yahhhh

  27. hilda said,

    Juni 21, 2010 at 2:00 pm

    saya skoliosis 80 derajat.
    kalau operasi gimana ya???
    binung,, takut banget
    sering sesak napas juga

    @hilda: dear hilda, nggak perlu takut,,,skarang kan uda jauh lebih canggih dari yang dulu…kalo memang saran dokter itu, dan memang dari segi finansial sudah cukup,,,nggak ada salahnya juga…biar nggak makin parah…tapi sebaiknya konsulkan lebih lanjut ke dokter,,,,^^

    • nita said,

      Juni 23, 2010 at 10:01 am

      @hilda: menurutku km konsultasi diberbagai tempat..sampai kamu merasa yakin dgn jawaban dokter tsb. Dan kamu memutuskan sndr untuk operasi..kalo udah sampai tahap memutuskan..selanjutnya tetep semangat tapi berpasrah.. Evrything is gonna be OK..salam kenal aku dr semarang, barusan operasi skoliosis 60drjt di RS Ortopedi dr. Soeharso Solo, skrg sedang masuk tahap terapi.

      • anisa said,

        Juni 23, 2010 at 1:00 pm

        skoliosis km 60 drjt skrg dah jd berapa derajat
        biaya oprasi km di ortopedinya brp + terapinya apa tiap hr dan brp ttl biaya smanya

        Dear Nita, mungkin bisa di share lebih jauh pengalamannya?
        @Anisa:masalah biaya op, itu tergantung implant juga lho,,,jadi tiap pasien bisa beda2…:)

      • gigih said,

        Januari 14, 2011 at 10:35 pm

        q jg pernah brobat d RS orthopedi soeharso solo, tp q gak d vonis operasi, coz q ru 35drajat,,
        cuma d suruh terapi hidro d sana..

        @gigih: biasanya kl di bawah 40 memang blm op…:) makasiy buat share nya gigih…:)

      • ratih said,

        Maret 3, 2011 at 1:34 pm

        wow ternyata ada operasi di solo ya? kirain ga ada….
        gimana ? sharing2 donk….biaya nya berapaan ?

    • fatimah said,

      September 13, 2011 at 6:17 am

      jangan hawatir tentang 80 derajatnya, semangat ya aku aja dulu sudah mencapai batas 130 derajat, sudah kemiringan dekat dengan arah jantung tapi aku semangat hidup layaknya orang normal, aku bilang sama diri aku sendiri “yang dilihat bukan fisik kita, tapi hatik kita, yang penting penyakit itu gak sering terlihat perbedaannya, jadi enjoy aja, kita beda karna kita di istimewakan oleh sang pencipta”

      • leni said,

        Januari 18, 2013 at 12:22 pm

        Bisa minta email ga? Aku mau share ttg scoli jga
        Boleh ga?
        Makasi yaahhh

  28. nita said,

    Juni 28, 2010 at 4:01 pm

    @anisa: hehe mgkn aku ga sehebat mita yg 1 mgg udah bisa beraktifitas seperti biasa, prosesku mgkn lebih lama..tapi kalo jalan, duduk pasti sblm diijinkan pulang dr RS sudah diajarkan dulu. terapi apa saja aku juga belum bisa cerita, aku juga belum ada terapi tambahan, aku bru 2,5 mgg selesai dioperasi. aku belajar mandiri sendiri, asal ga salah gerak aja.sekarang derajatku 10 drjt. mengenai biaya lbh baik km konsul dulu aja sekalian..tergantung km mau ambil kelas berapa dan brace apa yg kamu ambil. semua bakal dijelasin kok.kalo di RS ini pastinya 1/2 dr biaya RS swasta,apalagi kalo kamu punya askes/jamkesmas gt. bakal dimurahin banget atau gratis ^^
    oke good luck..semangattt ^_^v

    • anisa said,

      Juni 29, 2010 at 1:02 pm

      @nita: makasih ya atas sarannya. tp aq g brn cerita k ortu, mrk blm faham btl ttg sma ini, aq ngeluh ini itu aja hnya ada respon “plg cm kcpan” dlm ht sih pingin rasanya cek ttg si”S” ini tp apa daya aq blm mampu menghasilkan uang sendiri klu dah mmp sih kpnpun aq bisa cek lg pula ortuku bkn dr gol mampu (loh kok mlh crt klrg sih heeee…..heeee)
      @mita: mbak mita makasih bgt atas blok ini dgn ini aq bs leluasa curhat ke tmn2 yg tau byk ttg si “S” bs mengurangi sdkt bbn biar g terlalu dibw serius klu lg mrs sendiri atau mrskan sakit. oh ya mbak klu ttg biaya kan mungkin bisa di kira2 mmg blm tentu sama tp kan plg ga aq tau kira2 brp biayanya dan aq bs nabung duluan dan ga bbni ortu (heee…..heeeee…. sok mandiri nih.. pdhl msh bergantung ma ortu

      @Anisa: sama2…alhamd,,,kalo blogku bisa bermanfaat…
      tiap RS beda say,,,kalo di pwt yang kmaren baru op sekitar 70an,,,tapi kalo di jkt yang RS swasta+ambil kelas VIP,,,bisa nyampe 150 lebih…^^

      • nita said,

        Juni 30, 2010 at 1:28 pm

        @anisa:lho anisa umur berapa skrg?sampe skrg udah tau derajat kelengkungannya blm?ataumemang belumpernah periksa/rontgen..mbak juga bru maret kmrn pertama kali rontgen..trus mutusin operasi juni..mikir uang juga,mikir kesiapan mental juga, cari sponsor sana/i..tabungan juga sampe dikuras abis kok..pdhl ngumpulinya mati2an hehe..mgkn kebetulan mbak sudah bekerja n ada uang buat periksa jd akhirnya periksa n ketahuan kalo udah 60drjt gt..semangat ya buat ngejelasin penyakit in ke ortu km..kalo udah baru ngeyakinin diri sendiri buat sehat walaupun caranya dioperasi oke..Gbu

      • ratih said,

        Maret 3, 2011 at 1:37 pm

        iya bener kalo swasta ambil VIP ampe 150 lebih bahkan nyampe 180 juta..

        tapi udah termasuk biaya nanti ambil implannya ga ya?

        bukannya nanti setelah beberapa tahun, implantnya diambil kan ?

        @Ratih: bahkan bisa sampe 200an lho…:D kalo ratih ambil yang full titanium itu nggak perlu diambil kok,,,alias bisa dipake seumur hidup…tapi selama nggak ada masalah ya…:)

      • fitra anisa said,

        Januari 5, 2013 at 1:55 pm

        klo d RS fatmawati op sekitar 50an… itu udah tanggung askes… n alhamdulilah semuanya lancar…

      • fang said,

        Juli 11, 2014 at 2:53 pm

        anisa, coba minta kartu BPJS, biar operasinya bisa gratis.semoga cepat pulih

    • ratih said,

      Maret 3, 2011 at 1:50 pm

      ada bedanya ga sih operasi VIP ama biasa, ato yang bedain kamarnya ?
      ada obat penghilang rasa sakit nya ga…. jadi agak ketakutan juga nih mo operasi…

      @Ratih: ada donk bedanya,,,kalo VIP kan kamarnya lebih OK dan biayanya lebih mahal…hehe…
      tenang aja,,,slama oprasi nggak ada rasa sakit sama skali kok,,,kan dibius…:D
      tapi memang setelah dibius mulai timbul rasa ngilu, tapi biasanya oleh dokter diberi anti sakit…semoga bermanfaat ratih…:)

      • ratih said,

        Mei 2, 2011 at 12:08 pm

        thanks a lot untuk informasinya….. skrng aku ga mikirin lagi soal rasa sakit, yang penting kedepannya bisa beraktivitas lagi.

  29. Muhamad Rahman said,

    Juni 29, 2010 at 5:02 pm

    Asslm wr wb

    Perkenalkan nama saya Muhamad Rahman. saya ingin berbagi dengan sahabat – sahabat ku yang terkena scoliosis yang berada di jakarta dan sekitarnya. Saya akan mengadakan Seminar dan terapi Gratis scoliosis.

    Seminar dan terapi Scoliosis GRATIS, terbatas hanya untuk 20 pendaftar.
    Lamanya seminar dan terapi ini 3 (tiga) jam. Materi dari Seminar, akan di jelaskan mengenai teknik apa saja yang bisa membantu
    penderita scoliosis berikut efek samping, lamanya terapi dan biaya yang di butuhkan. Segera daftar karena hanya terbatas 20 pendaftar pertama. Pendaftaran akan di tutup bila sudah memenuhi Quota. Apabila ternyata permintaan banyak, saya dapat membuka sesi berikut nya.

    Lokasi : Jl. Cipinang Jaya JJ No 4 RT 002/RW 007 Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta 13410
    Hari/Tanggal : Sabtu, 17 Juli 2010
    Mulai 08.00 – 12.00
    informasi Hubungi : 021 70225931
    untuk Pendaftaran hub: 0817826143, 085210360334 (SMS only) (format : nama spasi umur spasi jumlah yang datang)

    Percayalah setiap penyakit itu pasti ada obat nya. Jadi sahabat – sahabat ku jangan menyerah (sesuai dengan judul lagu D’masiv)

    semoga saya bisa menjadi jalan kesembuhan bagi sahabat semua nya

    terima kasih

    Walaikum salam wr wb

    • anisa said,

      Juni 30, 2010 at 12:45 pm

      @Muhamad Rahman
      bs ga klu suatu saat ada acara kaya gini trus pakai media tv mungkin (itu cara yg plg mudah buat org tau) supaya mkn byk yg peduli dgn penyakit ini.
      terima kasih

  30. Stevy said,

    Juli 5, 2010 at 1:02 pm

    hi saya stevy 33thn, saya baru saja tahu bahwa saya skoliosis.
    mohon info terapi dengan pijat untuk skoliosis. terima kasih.

    @Stevy: hi, salam kenal..pijat yang gimana ni? aku blm pernah pijat buat skoli,,,mungkin ada yang tau?

  31. anisa said,

    Juli 5, 2010 at 1:03 pm

    @ nita: umurku 23 tptnya pd bln nov
    aq dulu taunya cuma kok ada tonjolan dipunggung kmdn sm dokter asrama aq di srh plg tuk periksa dan rongsen, ktk itu aq msh duduk d 2 mts. ya waktu itu aq cuma disaranin pake brace aja tp aq dah mulai cape dan ga da pengaruh ma skl mk aq lps deh bracenya aq cuma periksa sekali dan ikut terapi hnya beberapa minggu aja dan dokter g ksh tau brp drjt kemiringannya tp beberapa minggu yg lalu stlh nemu blok ini aq bk lg hsl rongenku dan ternyata aq dah pd tingkat yg parah dan skrg aq ga tau separah apa punggungku saat ini. terakhir ikut terapi krn ortu ngliat klu terapinya ngulang lagi dari yang pertama ya dr situlah aq berenti dan ortu nyaranin tuk terapi sendiri di rmh. mulai dr situ aq ga pernah lg cek atau membahas si “S” ma ortu smp skrg. dl pas periksa ortu tanya jln apa lg slin terapi kt dokter ada yaitu OPRASI dan hasilnya hny 50% aja. aq jg br tau klu sakitku nmnya SKOLIOSIS dan br aja mengenal dunia kayak gini. mknya skrg aku cr info dan tiada satu orgpun yg tau

  32. @ nurul said,

    Agustus 11, 2010 at 12:11 pm

    asslmkum wr wb
    saat ini umurku 20 tptnya bln okt,
    awlnya seh aq ga sdar klaw tulang belakangq bengkok. Tapi kok akhir-akhirnya keliatan juga ada tonjolan disebelah kiri. lama- klmaan, sya jdi ga nyamn,,jujur sy blm meriksain seh mba,untuk brap derjatnya ja sy lum tau..skrng sy bertmpt tgl di kupang,NTT.
    kra2 tmpt untuk trapinya atw pjat dimna yah??trus da ga cra nyembuhinnya yg amn,tpi jga ga lwt oprsi??
    makasih…..

    @Nurul: wlkmslam…definisi sembuh untuk skoliosis berbeda dengan sakit lainnya,,,karna skoli adalah kelainan,,,bukan penyakit…^^
    kalo untuk tempat terapi di kupang,,,ada yang bisa bantu untuk kasi info???

    wasalam…

  33. Agustus 12, 2010 at 9:14 pm

    hebat banget..

  34. YUNI said,

    September 30, 2010 at 5:13 pm

    aq ga tau mau gmn?
    jujur aq kagett,,,umurq dah 22 th stelah mengetahui skoliosis.
    apa pnyakit ini bisa trus brtmbah kelengkungan drajatnya?
    bkannya qta sdah abiz masa pertumbuhannya?

    @YUNI: hi yuni,,,derajat kelengkungan memang bisa bertambah, tp masalah pertambahan derajat di usia kamu yang sudah 22th,,,itu tergantung juga pada derajat kamu skarang brapa dan gimana kamu menjaga sikap tubuh kamu juga…:)

  35. Seliana said,

    Oktober 6, 2010 at 8:26 pm

    asw ,,
    udah sekitar 5 bulan saya pake MSO . tapi malah kemiringan tulang saya mencapai 37 derajat dan thorakal lumbar(berbentuk S) . saya jadi bingung, knpa bisa gitu,padahal saya barengi dengan renang .
    akhir2 ini saya jadi minder dengan tubuh saya sendiri,apalagi ternyata bentuk muka saya pun sudah tidak simetris lagi dan lebih sering sesak nafas.

    @Seliana: pertambahan derajat juga bisa disebabkan karna sikap tubuh yang salah dan berbagai faktor yang lain…juga diliat,,,sebelum pemakaian MSO itu derajatnya brapa…
    nggak usah minder seli,,,karna perbedaan yang kita punya inilah yang membuat kita istimewa…:)

  36. Suci said,

    Oktober 10, 2010 at 4:28 pm

    Assalamu’alaikum. Aku juga skoliosis, umur 23 thn…Duuuh, rasanya berat ya ngejalani si “S” satu ini, hehehe…Udah 10 tahun masih ja suka down, hff…Skoliosisku gede banget, udah 82 derajat, tapi ga dioperasi, selain biayanya gede, juga takut ma resikonya. Sekarang aku juga cuma terapi2 doang. Ya Allah, moga kesabaran kami para penderita skoliosis ini berbuah hasil, klo ga di dunia ya di akhirat saja. AMIN.

    @suci: wlkmsalam,,,amiiin,,,tetep sabar dan semangat selalu ya suci…:)

  37. anisa said,

    November 8, 2010 at 10:12 am

    hai semua, apa kabar? dah lama nihc g on, aku sekarang lagi merasa bahagia, aku kan menikah di hari lahirku nanti, tgl 28 november 2010. doakan ya semua biar lancar dan di beri barokah sama Allah dan mendapat ridloNya. Amiiiin
    ternyata ada juga yang mau ma aku, padahal dia belum tau sepenuhnya gmn kondisiku yang sebenarnya, aku juga tidak berharap lebih dari dia, aku harus terima dia juga apa adanya, karena kesempurnaan hanya milik Allah. meskipun aku belum pernah ketemu dengan orangnya, hanya untuk dia dan aku, tp dia orangnya sangat penyayang dan selalu kasih semangat, dan mudah mudahan dia bisa menjadi imam yang baik bagi keluargaku nanti.

    aku mohon doanya ya teman teman

    @Anisa: uda makin deket hari H,,,semoga semuanya lancar yaaa….
    makasih

    • nita said,

      April 7, 2011 at 7:15 am

      hai anisa..maaf ak lama ga ol ni..soal pertanyaan km dulu ak skoliosis 60drjt dioperasi di rs.ortopedi.dr r soeharso solo jadi 10drjt..sampe skrg ak msi suka pke mso/brace kalo pegi jauh krn aman aja..biaya disana tgt dr kelas yg diambil, ada catatannya kok disana, bisa dihitung2 sndr tmsk lumayan kalo di solo krn rs negri apalagi kalo km punya askes/jamkesmas gt2 bisa makin murah..total g sampe 40jt kok..bagus dan dokter2nya jg enak buat tanya2..ketemu aja sama prof respati, dia yg ngehandle semua urusan tulang belakang..
      wah anisa udah menikah ya..selalu berbahagia ya sm pasangan..langgeng terus..GB

  38. Quinta Novita said,

    Januari 11, 2011 at 7:10 pm

    hai… perkenalkan aku Quinta dari makassar. baru2 ini aku divonis dokter terkena skoliosis tapi derajatnya miringnya belum tahu. puji tuhan bukan yang model s. baru bengkok sedikit. aku sangat stress awalnya tapi dengan adanya web ini mungkin bisa membantu memberikan saran dan cara2 terapi apa yang harus dilakukan agar skoliosisnya cepat sembuh. apa benar berenang bisa mempercepat kesembuhannya??? tolong email yah.. makasih

    @QUinta: aku sudah kirim imel,,,mungkin kita bisa share lebih lanjut via imel..
    tentang renang, memang bagus banget buat skolioser, seenggaknya bisa untuk menjaga biar tetep balance..:)

  39. gigih said,

    Januari 14, 2011 at 10:03 pm

    ass,,
    q mau tanya..
    knapa ya skoliosis yg q derita mengakibatkan punggung qu kaku, susah banget buat jongkok,,
    n terasa nyeri yg sangat..
    apa temen2 jg ngerasain hal yang sama ma aq?
    trus gimana ya supaya ngurangin rasa nyerinya?

    @gigih: wlkmsalam…mungkin kurang latian aja,,,coba renang deh…atau konsul ke dokternya…:)

  40. Noonielga said,

    Januari 22, 2011 at 5:39 pm

    Hai.. salam kenal..
    aku salah satu dari penderita scoliosis, sekarang derajat kemiringanku udah sampe 100an derajat(yang bagian atas),kalo yang bagian bawah 80 derajat
    Dokter udah saranin buat operasi,dasn sekarang lagi nunggu waktu buat operasi,kira – kira 6 bulan lagi…
    Sekarang sambil nunggu operasi,aku disuruh exercise pake kotrail..
    Nah, kira – kira berapa lama aku harus kotrail dalam sehari ?
    thanks sebelumnya,..

    @Noonielga: hai…wah,,,udah cukup besar ya derajatnya…aku nggak pernah pake kotrail nih,,,mungkin yang lain ada yang pernah pake?
    oiya, aku kirim imel, mungkin kita bisa share di situ…:)

    • Noonielga said,

      Januari 23, 2011 at 1:21 pm

      Ok deh..
      Thx ya,kak…

  41. ayi said,

    Februari 1, 2011 at 9:39 pm

    hai skolioser :) akhr thn lalu aku dvnis skoliosis,… drjat kmringanku pun udh 50drjat,, :(
    aku jdi minder klo ngsa tubuh aku ini ”beda”

    @Ayi: hi juga Ayi…wah,,,udah lumayan gede juga ya…trus gimana penanganan selanjutnya?
    nggak perlu minder…Allah pasti menyiapkan rencana yang indah untuk tubuh kita yang berbeda ini…^_^
    aku kirim imel tuh…keep spirit ya…:)

  42. Aiyu said,

    Maret 15, 2011 at 2:55 pm

    wah aku juga skoliosis dr kelas 6 SD,,skrg aku udh berumur 22thn..

    Derajat Kemiringan: >40 derajat ;(

    udh prnh coba terapi namanya Quantum Touch,,dan itu bsa berhasil,,apalagi aku free terapi ;D
    tp ya gitu deh,,tempat terapi nya lumayan jauh dn kalau sesudah terapi biasanya pegal2 tulang belakang ny dn yg bikin berasa percuma di terapi adalah karena jauh di perjalanan pulang nya,,jd setelah terapi hrs ny kan langsung istirahat dn jgn bekerja,,

    sering2 ajak kumpul dong biar bisa saling tukar cerita ;D

    email me yaaa..dan info kalau ada pertemuan atau pengobatan skoliosis,..

    @Aiyu: hai Ayu, salam kenal ya…thx udah mau share ttg skoli nya…
    btw, kamu tinggal di mana? hub aja MSI cabang di tempatmu,,,kl belum ada, mungkin bisa ngajak temen2 yang sekota untuk membentuk cabang di daerahmu…^_^

  43. Aiyu said,

    Maret 15, 2011 at 2:56 pm

    wah aku juga skoliosis dr kelas 6 SD,,skrg aku udh berumur 22thn..

    Derajat Kemiringan: >40 derajat ;(

    udh prnh coba terapi namanya Quantum Touch,,dan itu bsa berhasil,,apalagi aku free terapi ;D
    tp ya gitu deh,,tempat terapi nya lumayan jauh dn kalau sesudah terapi biasanya pegal2 tulang belakang ny dn yg bikin berasa percuma di terapi adalah karena jauh di perjalanan pulang nya,,jd setelah terapi hrs ny kan langsung istirahat dn jgn bekerja,,

    sering2 ajak kumpul dong biar bisa saling tukar cerita ;D

    email me yaaa..dan info kalau ada pertemuan atau pengobatan skoliosis,..

    • Iin Anggraini (Samarinda) said,

      Mei 15, 2013 at 2:19 pm

      Mba ayu apa kabar skrg? gimana sehat? lam kenal ya. dulu aq juga tahu pertama kali skoliosis waktu kelas 5 SD. :) alamat fb / no kontaknya mba berapa???

  44. ratih said,

    Mei 2, 2011 at 12:01 pm

    ini ratih lagi, makasih buat informasi dalam situs ini, saya jadi tahu kalo di RSO ada dokter yang bisa menangani scoliosis. Dulunya saya mo operasi di jakarta, skrg lebih memilih di Solo, selain deket rumah, kalo mau konsultasi lebih mudah. So thanks a lot for this site :)) Rencana Operasi di bulan Juli (deg2an plus excited pula) hehe.. doain ya…..

    • dina said,

      Juni 3, 2011 at 1:54 am

      Aku juga skoliosis dengan derajat kemiringan 55 derajat dan tanggal 10 Mei 2011 yang lalu aku telah menjalani operasi di RSST (Tegalyoso) Klaten yang ditangani Dr. Romaniyanto , SpOT(K) Spine FICH dan alhamdulillah sukses dan aku berharap semoga akan membawa kebaikan selalu padaku . Untuk Ratih yang mau operasi , tetap semangat ya , semoga sukses juga ya . ok

  45. anisa said,

    Mei 13, 2011 at 2:44 pm

    assalamualakum mbak mita….

    aq mo curhat nih. ada g temen mbak yg ngidap skoliosis dan hamil. tlg aq mbak, aq sekarang lg hamil 5 bln lebih, rasanya nyeri banget, sakit, sesak napas makin menjadi, kerjaanq nuntut aq duduk lama da di dpn komputer nih, tlg kasih saran ya mbak, please!!! aq g mungkin k dokter, pasti biayanya mahal n aq g sanggup untuk ke dokter.

    @Anisa: wlkmsalam,,,wah,,,aku kan blm pernah hamil ya,,,mungkin ada temen2 yang lain yang bs kasih saran?
    tapi kalo dari aku si,,,lebih baik di cek ke dokter,,,jangan sampe terjadi hal2 yang nggaik diinginkan,,,,lagipula, kan belum tentu mahal, tergantung kita juga…btw, anisa tinggal di mana?mungkin bisa aku bantu carikan info…:)

  46. muiz said,

    Juni 15, 2011 at 10:20 am

    Alhamdulillah setelah menjalani operasi skoliosis tanggal 10 Mei 2011 anak saya Dina 15 tahun semakin menjadi baik . saat-saat paling sulit dalam hidupnya telah dilalui . kini dia terus semangt untuk maju menyongsong hari esok lebih cerah dan ceria. mohon do’a restunya ya ….

    @muiz: alhamdulillah,,,semoga ke depannya menjadi lebih baik…:)

  47. Juni 22, 2011 at 1:37 pm

    Mau Operasi Biayanya Berapa kak??
    saya perlu imfo nya secepatnya kak…

    @Chorie: kalo biaya operasi itu tergantung tempat operasi, RS nya (ambil kelas apa), implant yang dipasang, dokternya dll,,,jadi untuk lebih jelasnya bisa tanya ke dokternya langsung…chorie mau operasi kah?

  48. moniq said,

    Juli 4, 2011 at 1:44 pm

    haii..aq pnya adek cew usia skitar 15-16 thunan..dia kna sk0li0sis tp gtw brp drjt..baru tau 1 thn yg lalu..qra2 uk uda brp?n dsby d0ktr yg bagus dmna?n biayany brp kl0 terapi?atau prlu 0perasii ??

    @moniq: hai moniq,,,kl di sby bisa menghubungi sekre MSI jatim di BOSS…:)
    kalo masalah operasi,,,tergantung dari derajatnya,,,jadi harus tau dulu besar derajatnya berapa..:)

  49. linda said,

    Juli 6, 2011 at 10:57 am

    hai aku linda aku juga skolioser. ada ga perhimpunan senam untuk skolioser????

    @linda: hai juga linda…ada nya MSI,,,di MSI ini bisa ngumpul2 bareng,,,bisa juga kok kalo mau janjian senam bareng…^_^

  50. inggrid said,

    Agustus 2, 2011 at 3:09 pm

    teman2 aku inggrid, salam kenal ya . :)
    aku juga mempunyai kelainan skoliosis dan udah 40 drjat . sedangkan umr ku sekarang udah 14 tahun. udah konsul ke dokter dan dokter tersebut bilang harus op . klo menurut teman2 ada jalan alternatif gak?? mumpung aku masih dalam masa pertumbuhan . terima kasih

    @inggrid: salam kenal inggrid, sudah coba berenang? aku kirim email tu…^_^

  51. Agustus 20, 2011 at 10:19 am

    asw…perkenalkan nama saya eka. Saya penderita skoliosis. Saya mengetahui itu ketika saya berumur 17tahun, saat itu derajat kemiringan saya 15derajat. Kala itu saya masih belum mengerti betul apa itu skoliosis. Kebetulan saya seorang atlet atletik daerah, saya sering latian berat dan mengikuti berbagai macam pertadingan. Keluhan saya ketika merasa kelelahan saya sering mengalami sakit pada bagian sebelah kiri badan saya. Tapi saya tidak pernah terlalu mengubris rasa sakit itu.
    Saat ini usia saya 25tahun. saya mencoba mengetahui tentang skoliosis dan ternyata cukup menyeramkan. saya tidak tau pasti tapi dengan olah raga yang saya jalankan sepertinya skoliosis ini tidak menjadi masalah besar. saya melihat kemiringan tubuh saya masih seperti dahulu ketika saya baru pertama kali divonis skoliosis oleh dokter..sebenarnya saya ingin tau banyak tentang skoliosis. saya juga ingin mengetahui persiapan penderita skoliosis menghadapi kehamilannya…terima kasih

    @Eka: skoliosis nggak seseram itu kok,,,apalagi kalo kita berusaha melihatnya dari sisi lain, bahwa semua ini adalah anugerah…^_^
    tentang kehamilan,,,silakan buat temen2 skolioser yang sudah pernah mengalaminya untuk berbagi cerita…:)

  52. Agustus 20, 2011 at 10:22 am

    saya ingin sekali menambah teman dan share dengan penderita skoliosis yang lain!!!

  53. abdullah said,

    September 1, 2011 at 10:26 am

    umurku 22th, aq jg kena scoliosis. keluhanku skrg adl tuk berjalan gk seimbang ato gk kuat. derajat kemiringannya aku jg blm tau, krn udah periksa ke dokter berkali2 tp hny di ksh obat sama disuruh pake brace. smp ke dokter tunjung solo pun aq sdh prnh. di rmh sakit umum jebres solo aq di vonis oprasi, tp aq gk mau, sbenarnya aq dikasih 2 pilihan antara operasi atau di tarik. tp wkt aq minta di tarik dokternya malah nganjurkan operasi…
    skrg pinginnya aq bsa jalan normal, n derajat kemiringannya berkurang..
    ada yg bisa bantu kasih solusi ttg scoliosisku…

    @abdullah: coba tanya ke dokternya, sebenernya sudah berapa derajat, pasien berhak tau kok,,,soalnya penanganan selanjutnya juga bergantung pada besarnya derajat…:)

  54. grittie said,

    September 14, 2011 at 7:37 pm

    aku sepertinya kena skoliosis juga ini. usiaku 23th. udah hampir 2 tahun ini punggung sering nyeri, gampang capek kalo dibuat kerja, dan pas ngaca ato pasfoto keliatan kalo posturku miring. seorang temen yg juga terapis okupasi bilang aku kudu segera hubungi fisioterapis maupun ortopedik, soalnya setelah diobservasi, punggung kiri bagian atasku lebih menonjol daripada yg kanan.
    huhuhu…setelah baca blog ini, jadi makin takut kenapa-kenapa, tapi juga seneng karena ternyata aku ga sendirian. dulu aku pikir cuma aku yg kelainan karena gampang banget capek daripada temen-temen yg lain :(
    oya, yg aku pengen tanyain, hal-hal apa aja sih yg bisa memperparah skoliosis kita? serem juga kalo ngebaca ada yg derajad kemiringannya sampe membesar jauh gitu. emangnya kebiasaan-kebiasaan yg seperti apa yg bisa bikin bengkoknya makin parah? dan posisi tidur yg kaya gimana yg dianjurkan buat para penderita skoliosis? aku juga baca blognya ratih kalo sempet tidur beralas kayu triplek dan bed cover, emang apa sebaiknya gitu?
    semenjak terserang nyeri dan gampang capek di punggung ini aku jadi ketergantungan sama sandaran (bisa bantal atau dinding). kalo ga bersandar, ga bakal tahan lama buat kerja. apa itu bisa memperparah kondisi tulangku ya? makasih ya mbak mita udah mau berbagi :)

    @grittie: aku kirim imel tu biar lebih enak share nya..
    yang jelas,,,posisi tubuh sangat mempengaruhi…,kalo bisa renang bagus juga tuh…^_^

  55. mel said,

    Oktober 16, 2011 at 5:57 pm

    aku juga kena skoliosis. sebenernya sih ga ngeganggu aktivitas , tpi sangat mengganggu penampilan karena tulang punggung bagian kanan menonjol. ;( derajat kemiringanku <20 derajat. sebaiknya gimana ya? soalnya aku uda coba ikut chiropractic tapi kurang berefek. trims :)

    @mel: kalo derajatnya masi <20,,,nggak perlu dikhawatirkan kok,,,dan secara kosmetik biasanya "punuk"nya nggak terlalu gede,,,berenang aja…:)

    • linda said,

      Oktober 30, 2011 at 11:08 am

      @mel aku linda sama donk aku juga begitu ,, kenapa gak coba pake brace ajaa ??

  56. dewi said,

    Oktober 17, 2011 at 12:54 pm

    sy Dewi. 27 th. sy skoliosis udah diketahui dari smp tapi gak begitu mengerti sampai baru-baru ini. ibu sy bilang itu karena kebiasaan buruk sy waktu menulis dan membawa barang berat di bahu kanan juga karena kecelakaan waktu sy kecil. sy baru tau tentang brace. apakah di palembang ada tempat memesan brace? berapa biayanya? terimakasih

    @Dewi: hai Dewi, skoliosis bisa juga karena kebiasaan buruk itu..untuk brace, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter..:)

  57. linda said,

    Oktober 30, 2011 at 11:06 am

    hayy lam kenal aku linda tinggal di balikpapan kalimantan timur ,, umur ku 16 th dan aku terkena skoliosis padahal aku bercita” sbg model ,,, sudah hampir setahun aku memakai brace di bulan ke 3 aku memakai brace alhamdulilah udh ada koreksi terhadap tulang ku ,, tapi udh hampi 6 bln kebelakang ini belum ada korekssi terhadap tulang ku…. doakan aku yhh biar tulang ku cepat membaik walau gak 100% normal seperti dulu :) aku juga doakan buat para om,tante, kakak di seluruh indonesia yg terkena skoliosis cepat sembuh aminn :)

    @linda: amin,,,tetep semangat yaa,,,skoliosis bukan halangan buat berprestasi kok…^_^

  58. chuz said,

    Oktober 31, 2011 at 2:37 pm

    hai, ,slm kenal..
    aqw jg skolioser,,,pngend bsa snam breng nii. .
    m0ga dg k0ndisi qt yg sprti skrg niie qt masih bsa tetap berkarya n’ melakukan yg trbaik.. ;D
    semangat temand2,,m0ga c4 sembuuh. . amiieen. .!! ;)

    @chuz: hay hay,,,keep spirit yaa,,tetap semangat juga…:)

  59. Lita said,

    Januari 20, 2012 at 6:30 pm

    Halo, aku Lita. Pertama kali tau aku menderita skoliosis itu waktu tahun 2007, umur 16 tahun. Sekarang umurku 21 thn. Sampe sekarang aku belum pernah menjalani pengobtana apapun. Kemiringan saat itu kalo ga slh 40 drjt. Jujur, saya takut saat membaca2 lg blog ttg skoliosis, karena dulu saya anggap enteng. Skrg saya belum cek lg. Kalo boleh tau, ada gak sih pengobatan skoliosis selain operasi? Terapi2 gitu. Mohon info ya.. Saya takut operasi..

    @Lita: wah, kalo uda 40 derajat biasanya disaranin op, tapi coba dikonsulin lagi sm dokternya, apalagi ini uda 5 tahun, siapa tau derajatnya uda berubah…:)

  60. Melanie Dwi said,

    Februari 24, 2012 at 10:46 pm

    aku pengen sembuh dari scoliosis :(
    gimana caranya ?? mohon bantuannya .

    @Melanie Dwi: hi Melanie, salam kenal ya…skoliosis nggak bisa sembuh 100%, karena skoli adalah kelainan, bukan penyakit. tapi skoliosis bisa dicegah agar tidak bertambah parah dengan penanganan yang benar, tergantung dengan kondisi skoli kamu…cek imel yaa..:)

  61. April 13, 2012 at 9:33 am

    ada cara lain engga ka selain brace ??

    aku penderita skoliosis juga ,aku sekarang kelas 2smk

    @andrea: tergantung derajatnya berapa, kalo masih ringan mungkin bisa dengan senam2 atau renang…:)

  62. Enny said,

    Mei 10, 2012 at 6:05 pm

    halo, apakah ada yg pernah operasi di penang atau singapore?
    brp ya biayanya kira2?

    @Eny: kebetulan salah satu responden buku berdamai dengan skoliosis ada yg memutuskan op di sgp..namanya icha.
    mungkin bisa tanya lebih lanjut ke dia..(n jgn lupa baca kisahnya yaa…^_^)

  63. budi said,

    Juni 23, 2012 at 8:27 am

    bisa share yg pengobatan chiropractic ?

  64. amien said,

    Juli 9, 2012 at 7:28 pm

    hai slm kenal , anak sy scoliosis mau beroabat dimana ya sy baca srt dr mbak una ktnya bisa mengurangi derajat kemiringan dimana terapinya ya ,thanks

  65. faarida said,

    Juli 28, 2012 at 11:03 am

    hy skolioser..
    umur ku 21 taun, derajat kelengkungan skoliku 100, kira2 keputusan operasi sudah jalan yang terbaik kah?
    karena 4 taun g pernah check up tambah 60 derajat (dari 40 mnjadi 100) dan sekarang sudah sering sesak napas
    oia, semenjak memutuskan operasi sebenarnya ibuku kurang ikhlas, karena beliau hanya memandang operasi skoli di umur 21 th seperti saya ini hanya sbg fungsi kosmetik :(
    mohon sharingnya ya , makasih :)

    @faarida: salam kenal faarida..wah, kl memang dokter menganjurkan op, dan memang sudah siap (dari segi mental dan finansial) sebaiknya segera op..:)
    coba bicara dari hati ke hati bareng ibu,,operasi skoli nggak cuma dari segi kosmetik kok (wlwpun pasca op, ini yg keliatan banget), tp yg terpenting, untuk yg derajatnya uda gede kyk km, bisa mencegah biar hal2 yg lebih buruk kalo ke depannya derajatnya nambah parah lagi..bayangin deh,,tulang yg bengkok di dlm tubuh pasti akan mengganggu posisi organ dalam lainnya kan?
    semoga membantu yaa…CMIIW
    (btw, kalo mau share lebih jauh, aku uda kirim email tu…:)

  66. Cila Setiawan said,

    September 26, 2012 at 12:55 pm

    ada 3 alternatif Pengobatan Skoliosi
    1. Menggunakan Milwaukee brace slama 3-4thn
    2. Treatment Chiropratic ( Cara Pijit ake Laser)
    3.Operasi
    yang Insyaallah bs sembuh total yg mana ya.
    usia ku 23 th.
    Derajat 20.

    @Cila: kalo masih 20 derajat itu masih termasuk ringan,,,jd gak perlu op dll,,apalagi usianya nya uda 23…:)
    cukup berenang aja, senam2 ringan, sama menjaga posisi tubuh dengan baik…CMIIW

  67. Deasy Olivia Christy said,

    November 9, 2012 at 2:11 pm

    Saya penderita polio kaki yang mengakibatkan saya skoliosis….kepada admin ini…saya mau minta tolong donk minta no kontaknya. please…

    @Deasy: aku kirim email tu…:)

  68. putri said,

    Desember 9, 2012 at 12:04 am

    Therapy yang manjur Di Balikpapan dimana ya info plis makasih :-)

    • tity said,

      Februari 7, 2014 at 10:17 am

      halo saya balikpapan juga

  69. putri said,

    Desember 21, 2012 at 1:00 pm

    Minta email dong buat sharing ,btw chiropractor d balikpapan ada gak? Mohon dibales ya butuh banget ,mkasih banyak :-)

  70. Leni said,

    Januari 9, 2013 at 12:19 am

    hi,, aku leni mau tau info tentang operasi skoliosis,, tolong minta email buat sharing.. Makasih banyak

  71. Harel said,

    Januari 28, 2013 at 7:43 pm

    Adakah chiropractic di semarang ? Mohon info

  72. mutia said,

    Maret 13, 2013 at 9:26 am

    saya mutia umur saya 23 tahun..saya mnderita skoliosis sejak kecil..saya belum pernah melakukan pengobatan karena terbentur biaya,kemiringan jiga saya kurang tau,yg jelas pungging blakang saya menonjol sebelah kanan..saya punya penyakit asma,sejauh ini blm ada keluhan yg berarti,hanya saja, saya takut srmakin bertambah melengkung..apa saya masih bisa sembuh??terimakasih

  73. irawan said,

    Maret 29, 2013 at 11:30 pm

    hai,salam kenal. Sy irawan, di makassar. Anak sy, mimi 6th, right thoracic skolio 10drjt. Dokter kasi senam punggung pake gym ball trus badan ditarik ke kiri, apa dah benar ya? Rencana bln dpn ke jkt, mhn rekomend, apa dr.tinah tan (citylife), ato rs bintaro(ramsay spine ctr) ? Takut anak sy tambah parah tulangnya, kadang sy nangis sendiri. Trims

  74. MSP said,

    April 2, 2013 at 11:46 am

    Hai.. salam kenal. Saya Maulita, adik saya juga tekena skeliosis 16 derajat, di usia 16 tahun. dokter tidak menyarankan apa2 hanya di minta untk konsultasi kembali 6 bulan mendatang (untuk melihat perkembangan derajatnya?). saya bingung karena dokter gak kasih saran apa2, dan saya tkt adik saya akan menjadi parah kemiringannya, makanya saya langsung cari2 info di mbah google. Menemukan Blog MSI ini sangat membantu sekali untuk menggali informasi mengenai skeliosis terutama untuk yang awam seperti saya. Setelah baca2 artikel dan info2 skeliosis akhirnya saja minta adik saya untuk rutin renang saja seminggu 2x, dan belum ambil pengobatan lainnya, karena setelah cari tau untuk terapi spt chiropractic membutuhkan biaya yang lumayan besar, krn tidak 1 atau 2x melainkan harus rutin dilakukan dalam waktu yang lama juga.

    Saya butuh advicenya untuk kasus adik saya ini, apa yang harus saya lakukan agar derajat kemiringannya tidak bertambah lagi. apakah harus menggunakan brace, (saya juga baca banyak model brace untuk skeliosis). Lalu penggunaannya itu bisa membeli langsung atau harus melalui dokter? dan kira2 berapa biayanya ya? apablla berkenan mohon share ke email saya di msp.zone@gmail.com

    Thanks atas infonya yaa..

  75. Melania said,

    April 13, 2013 at 4:28 am

    Adek saya juga kena skoliosis, derajat kemiringannya udah 45 kalo ga salah.. dia rutin kontrol dan terapi di dr orthopedik, tapi untuk renang sebagai salah satu terapinya masih belum rutin dijalani. ada saran lain mungkin selain renang sebagai salah satu sarana pengobatan tanpa operasi?
    untuk tempat terapi di Jawa Timur Surabaya/Malang dimana? saya tinggal di malang.
    Tolong di email saja ya.. terima kasih banyak atas bantuannya.

  76. Arimbii said,

    April 21, 2013 at 3:03 pm

    Halo smuanya, nama sy imbi, umur saya skrg 23tahun. Saya penderita skoliosis dgn derajat 55 wkt pertama x rontgen. Keluhannya skrg saya suka nyeri di bag pinggang dan sesak nafas. Saya ikut terapi body masas di tung mai dibilangan barito jaksel. Tp terapinyabhanya untuk mengurangi sakit bukan menyembuhkan tulang dn itu terholong mahal krn skli terapi 380k.
    Buat kakak2 sklian yg sudah pernah oprasi saya mohon infonya untuk efek samping setelah oprasi gimana dn prosedur oprasinya bagaimana. Saya domisili di tangerang. Krn beberapa blog yg saya baca efek oprasi bisa sampai lumpuh krn tulang belakang itu rentan sekali. Tp jika tidak dioprasi b smkin parah krn dapat menggamggu fungsi paru2.
    Setiap malam sy berdoa dn cm bs menangis. Smp mau dibawa ke psikiater krn sy stress sekali dn ketakutan. Saya ingin oprasi tp saya takut akan kemungkinan2nya. Saya mohon sekali buat kaka2 bisa berbagi infonya dgn saya :(

    • classica said,

      November 17, 2013 at 3:21 pm

      Sjak terapi tung mei berkurang tidak derajat kemiringannya? Saya tadi nya pengen coba tung mei juga soalnya. Saya 25drjt

  77. yama said,

    April 24, 2013 at 9:29 am

    halo, salam kenal untuk Mita dan untuk semua,
    pertama sekali saya ingin menanyakan kabar Mita, bagaimana kabar Mita sekarang? sepertinya sudah lama tidak ada tulisan di halaman ini.

    saya juga mau sharing, putri pertama saya (sekarang berusia 5th) juga skolio. Dari hasil rontgen (pada saat umur 2tahun lebih) diketahui penyebabnya adalah ada salah satu ruas di atas tulang ekor yang tumbuh lebih satu (ruas), menyebabkan pertumbuhan yang asimetris di tulang punggung-nya. Masa menangis saya dan istri rasanya sudah habis sekitar 4th yang lalu, dan yang ada dalam pikiran kami sekarang adalah bagaimana ke depan nya. Dan karena keterbatasan waktu dan biaya kami baru berencana akan mulai secara intensif melakukan konsul ke dokter terkait pada tahun depan (2014).

    jika Mita dan pembaca lain di halaman ini punya referensi/ pengalaman yang sama dengan apa yang dialami anak kami di atas, sekiranya dapat berbagi pengalaman dengan kami.

  78. adel said,

    April 29, 2013 at 10:45 am

    Haiii… salam kenal,aku jg penderita skoliosis ketauan pas kelas 3 smp skrg udah 26thn pny anak 1. Dulu derajat kemiringan 30 stlh fisio+pk bj besi slm 3thn derajatnya berkurang jd 11. Tp smp skrg g prnh terapi lg. Akhir2 ini kerasa nyeri trs tulangnya. Ada yg nyaranin ikut chiropractic ktnya byk yg berhasil. Kl dokter orthopedi yg bgs di bandung ada yg pny rekomendasi kah? Trus kl dr LG itu dokter siapa dan praktek dmn ya? Mohon infonya yaaa.. makasih sebelumnyaaaa….

  79. Ayu Rizky said,

    April 29, 2013 at 12:54 pm

    haii .. salam kenal , aku ayu rizky aku juga penderita scoliosis udah tau dari kelas 2 SMP tapi baru di obati bulan november 2012 . awlanya scoliosis ku 35 derajat waktu kontrol setelah 2 hari di pake turun 5 derajat . pas di kontrol bulan januari perubahannya cuma sedikit , dan gak ada penjelasan dari dokter karna dia buru” mau ke kampung halamannya ..
    aku berobatnya di makassar di RS AWAL BROS ,, aku sering ngelepas brace ku karna sakit kalau makenya ..
    sekarang derajatnya mungkin udah berkurang ,, aku pengen tanya buat yang udah opersi , biayanya berapa ??
    mohon jawabannya ya …

  80. Iin Anggraini (Samarinda) said,

    Mei 15, 2013 at 2:12 pm

    Assalamualaikum wr. wb

    Apa kabar semua? Salam kenal ya,,, saya juga penderita skoliosis, 26 tahun, dan sedang hamil 6 bulan.
    Alhamdulillah ada t4 sharing dan berbagi ya sekarang. Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan nomor kontak teman2? buat sharing dan silaturrahmi.

    Mudah2an kita semua sehat wal afiat. Amiiiiiin :)

    • ana said,

      Juni 11, 2013 at 8:56 pm

      aq juga skoliosis dan lagi hamil 6bln..

    • tity said,

      Februari 7, 2014 at 10:15 am

      salam kenal,,saya dr balikpapan bisa minta contacnya

  81. Theressa said,

    Mei 18, 2013 at 10:09 pm

    Hy , sharing aj nih , ak umur 14 thun , tinggal di tangerang , kna skoliosis dgan kemiringan 38 drjt , lgi jalani teraphy chiropractic sma renang , tapi belum ad perubahan , ad yg tau cara terapi lain? Thanks before :D

    • yunita said,

      Mei 24, 2013 at 10:51 pm

      @Theressa uda brp lama ikut terapi chiropracticnya, sama skali gda prbhn?

  82. bhanun said,

    November 3, 2013 at 1:42 pm

    Halo… saya orang tua dari anak saya yg menderita skoliosi yg sekarang sudah mencapai 127 derajat, sokter menyarankan harus operasi.. tp sy pikir operasi kan mahal, untuk sementara anak kami akan menjalankan chiropatic… apakah ini akan bisa menglami perubahan ? terima kasih klu ada info mengenai perkembangan setelah mengikut terapi chiropatic..

  83. nanang said,

    Desember 9, 2013 at 1:19 pm

    Salam kenal…
    Saya scolioser 35 derajat, udah nyoba terapi chiropractic di sebuah mal daerah bandung tapi belum ada hasil. Trus kmarin waktu ke RS halmahera di bandung, ketemu dua orang mantan scolioser. Mereka bilang mereka sembuh setelah beberapa kali terapi di chironesia bandung, nama terapisnya kalo ga salah pak wahyu. Saya dikasih lihat hasil rontgen sebelum n sesudah terapi, hasilnya bagus banget.

    Yg saya mau tanya, apa ada teman2 yg udah pernah ikut terapi di chironesia bandung? Soalnya saya mau coba juga, tapi belum sempat

    Btw operasi itu hasilnya permanen ga ya?…Tks ya..

    • tity said,

      Februari 10, 2014 at 2:09 pm

      Hai aku rencana mau terapi di chironesia. anda udah kah terapi di chironesia. email saya ya di ningsihety@gmail.com

  84. Nana said,

    Desember 11, 2013 at 10:20 am

    Haii auk jg skoliosis… Pengen Nyari tempat chiropractic di makassar Ada nggak yah?

  85. Desember 16, 2013 at 10:04 am

    adik saya umur 8 thn, kata dokter dia termasuk “skoliosis” kemiringan 10derajat .. menurut kalian yg harus di lakukan untuk mengurangi kemiringannya gimana ya? terapi atau bagaimana?

    • classica said,

      Desember 16, 2013 at 12:52 pm

      @musmus : kalo masih dibawah 25drjat bysanya hanya disarankan dokter buat banyak renang dn terapi ajaa biar gk nambah derajat kelengkungannya. Trs priksa tiap 6 bulan atw 1th skali untk mgtahui progres nya.

    • indramawan said,

      Agustus 25, 2014 at 9:50 pm

      Sekarang udah 1 tahun gimana adik kamu ?? anak gue umur 7 thn didiagnosis skleliosis 11 derajat. baru tau 2 bulan yg lalu. tolong hubungi gue ya. Thanks

  86. reza chandra said,

    Desember 18, 2013 at 2:14 am

    boleh tau ga terapi Chiropractic di semarang…

  87. tahta said,

    Januari 1, 2014 at 9:41 pm

    Saya mau nanya :) , adik saya skoliosis 48derajat umurnya 14th, disuruh operasi sama dokter, gmn ya? Memang hrus operasi ya?
    Oiya ktanya kalo sudah parah , ada rasa nyeri ? Tp adik saya blg ga ad rasa nyeri sama skali , itu gmn ya?
    Tlong di bantu ya :)

  88. agus sufranky said,

    Januari 21, 2014 at 5:18 pm

    Sekedar sharing aja buat teman2 yg kena scoliosis. Adik saya skoliosis 55′ atas & 46′ yg bawah. Sudah terapi kemana-mana tidak ada hasil. Dan pada suatu hari saya ketemu orang namanya pak wahyu dari bandung, dia bilang dia terapist dr chironesia. Setelah ngobrol agak panjang akhirnya saya ceritakan tentang scoliosis adik saya.

    Dia bilang dia bisa bantu dg metode terapi yg dia ciptakan. Awalnya saya agak ragu karena belum pernah lihat metodenya. Tapi karena saya ragu maka pak wahyu kasih saya garansi uang kembali kalau setelah diterapi tidak ada hasil sama sekali

    Singkat kata akhirnya saya bawa adik saya terapi di chironesia dan puji tuhan hasilnya langsung terlihat pada terapi pertama. Tulang yg semula berantakan sudah mulai terlihat lebih ter-atur. Setelah 12x terapi secara marathon (tiap hari), skoliosis atas sisa 15′ bawah sisa 10′

    Sekarang adik saya terapi 1 minggu sekali & melakukan latihan yg diberikan pak wahyu. Semoga setelah beberapa kali terapi lagi, scoliosis adik saya bisa normal lagi. Terimakasih tuhan yesus..

    • tity said,

      Februari 7, 2014 at 3:06 am

      ka,saya rencana mau terapi di situ juga.oya bisa minta no hpnya kk buat sharing. Atau email ya..mksih

    • sulinda said,

      Februari 12, 2014 at 2:47 pm

      Saya skoliosis 25′ diatas dan 30′ dibawah ingin mencoba chironesia Pak Wahyu. Bole minta info Contact Pak Wahyu? Terima Kasih..

      • tity said,

        Februari 15, 2014 at 2:55 pm

        082116739274 itu contact pak wahyu. saya rencana hari selasa mau ikut terapinya… barengan yooo mbaaa ….sms/tlp saya ya di 081346573821

  89. Agung Sedayu said,

    Maret 16, 2014 at 8:57 am

    mohon ijin untuk gabung, anak saya penderita scoliosis dengan derajat kemiringan atas 60 derajat, ,mohon alamat email atau no hp Agus sufranky, saya mohon testimoninya, atas pengobatan anda pada p.wahyu, atau bisa hub saya di no. 082216114409 Agung

  90. Maret 22, 2014 at 7:55 am

    Salam kenal,

    Saya scolioser. Alhamdulillah ada tempat sharing dan berbagi ya sekarang. Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan nomor kontak teman2? buat sharing dan silaturrahmi. Saya ingin tanya, apa ada teman2 yg udah pernah ikut terapi di chironesia bandung? Soalnya saya mau coba juga, boleh minta alamatnya dan no telp yang dapat dihubungi.

    Tks ya..

    • wina said,

      Desember 7, 2014 at 2:09 pm

      Halo bu mila & temen2 semua. Salam kenal untuk semua skolioser. Sekedar berbagi cerita tentang perjalananku berburu terapi skoliosis hehehe. 12 tahun lalu (umur 10th) aku didiagnosa skoliosis oleh dokter. Waktu itu baru belasan derajat, jadi kata dokter suruh observasi aja setiap 6 bulan sekali. Setelah 2 kali observasi (12 bulan) skoliosisku naik jadi 21 derajat. Kata dokter aku harus pakai brace yg mirip baju perang. Tapi setelah pakai brace 3 tahun ternyata nambah jadi 33 derajat.
      Orangtuaku mulai panik dan cari2 pengobatan alternatif ke mana aja. Mulai dari pijat tradisional sampai tenaga dalam, juga chiropractic dengan dokter dari luar negri. Dari ramuan yg diminum sampai minyak yg dioles ke badan. Pernah pada suatu hari aku datang ke tempat pengobatan alternatif & dibilangnya aku kena santet balung apa gitu ????? Ampun deh tuh dukun !!! Setelah 6 tahun menjalani terapi di sana sini koq nambah jadi 62 derajat.
      Sampai akhirnya awal tahun ini aku ikut yoga dan sempat terapi chironesia di bandung. Yoga aku ikut terus paket 3 bulan & terapi di chironesia ikut 24 kali (2x seminggu). Sekarang punggungku udah ga sakit lagi & skoliosis udah kurang jadi 45 derajat.
      Sekarang aku ga ikut terapi apa2 karena suda tinggal di sulawesi & di sini ga ada terapi chironesia & yoga . Buat temen2 yg ada info terapi di makassar bagi2 info ya.. Bye.. Semuanya

  91. Mei 23, 2014 at 4:50 pm

    Mau berbagi informasi aja nie…

    Khusus Wilayah Medan dan sekitar..

    HARI ANAK !!! GRATISS!!

    Hi Teman-teman,

    Datang dan kunjungi Medan Therapy Center yuukkkk!!

    SABTU, 31 Mei 2014
    10.00 – 16.00

    Untuk semua teman-teman yang mempunyai anak, keponakan, saudara yang berusia 0 – 12 tahun, daftarkan untuk mendapatkan therapy chiropractic GRATIS !!

    Untuk mendapatkan therapy ini, ga harus sakit loh..
    Chiropractic sangat bermanfaat untuk anak-anak :

    Ulasannya seperti di bawah ini :

    Chiropractic adalah terapi yang memusatkan pada perbaikan susunan tulang belakang.

    Tulang belakang bisa saja mengalami disfungsi (misalignment) akibat kecelakaan atau aktivitas fisik.

    Tulang belakang terhubung dengan sistem saraf dan organ penting lain, sehingga jika ada sesuatu yang salah dengan tulang belakang dapat berpengaruh pada kesehatan secara umum.

    Anak-anak, bahkan bayi, bisa saja mengalami kesalahan pada susunan tulang belakang. Biasanya hal ini disebabkan oleh trauma selama kelahiran sehingga perawatan chiropractic diperlukan untuk memperbaiki susunan tulang belakang mereka

    Selain karena trauma kelahiran, tulang belakang bisa saja tidak normal akibat kegiatan fisik atau olahraga.

    Disfungsi tulang belakang yang terjadi pada anak-anak dapat termanifestasi pada salah satu kondisi berikut:

    • Pola tidur abnormal
    • Postur bahu yang tidak sejajar
    • Terbatasnya mobilitas kepala atau leher
    • Terjadinya infeksi telinga
    • Skoliosis
    • Sakit kepala
    • Mengompol
    • Pilek
    • Kesulitan menyusu (untuk bayi)

    Terkadang masalah tulang belakang tidak menimbulkan gejala fisik tertentu. Namun jika anak pernah terjatuh atau terluka, akan sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi anak untuk mengetahui ada tidaknya cedera pada tulang belakang.

    Nah, sekarang sudah pada tahu kan manfaat CHIROPRACTIC untuk anak-anak..

    Daftarkan anak-anak Anda sekalian ke no :
    061.451.6547 / 0812.63107879
    Atau melalui e-mail : medantherapycenter@hotmail.com.
    PIN BB : 2A2442BB.

    (Pendaftaran kami terima maksimal tgl. 30 Mei 2014)

    DITUNGGU YAA..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: